Anniversary 30 th PDAM

Hari ini 1 April 2018 genap 30 tahun silam PDAM Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan mulai dioperasionalkan secara penuh setelah sejak 1979 pengelolaan air bersih dikelola oleh BPAM dibawah koordinasi Departemen Pekerjaan Umum.
Pada tahun 1979 SL yang dilayani sebanyak 500 unit setelah 30 tahun kini jumlah pelanggan PDAM mencapai 45.000 unit. Untuk melayani 45.000 unit pelanggan, kini PDAM terus berbenah dengan memperluas cakupan dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan baik dibidang teknis maupun administrasi. Dibidang teknis diantaranya sedang mengupayakan penambahan debit air baru dari Taman Nasional Gunung Ciremai, penurunan angka kehilangan air (NRW) dan penambahan jaringan distribusi pada wilayah pelayanan baru.
Sementara di bidang administrasi diantaranya dengan menyesuaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) berbasis manajemen mutu, mempersiapkan bisnis plan 2018-2022 serta mengimplemantasikan sistem informasi berbasis teknologi terkini dibidang pelayanan, keuangan, umum, dan teknis (GIS). Untuk bidang pelayanan pelanggan sekarang dimudahkan dengan sistem pembayaran online baik di bank maupun PPOB bahkan sekarang sudah dapat dibayar di Indomaret. Insya alloh kedepan akan lebih ditingkatkan lagi melalui sistem elektronik payment baik melalui e banking maupun online e payment.
Deni Erlanda, SE.M.Si selaku direktur PDAM mengungkapkan bahwa upaya peningkatan pelayanan yang diperbuat oleh manajemen PDAM adalah dalam rangka menyelaraskan kegiatan dengan visi perusahaan yaitu memberi pelayanan prima menuju PDAM mandiri. Ini memang tidak mudah tetapi apabila tidak dimulai tidak akan pernah tercapai ujarnya. Hal ini sudah harus kita lakukan mengingat Pemerintah Indonesia saat ini sudah menerbitkan Peraturan Pemerintah No 54 Tahun 2017 tentang BUMD dan sedang dibahas peraturan implementasinya di Kementerian Dalam Negeri. Kita tahu bahwa Kementerian Teknis dalam hal ini PUPR sudah menerbitkan berbagai aturan yang lebih mengarahkan PDAM menjadi lembaga Profesional khususnya dalam mengimplemantasikan PP No. 122 tahun 2015 tentang SPAM.
Sebagai langkah awal yang akan dilakukan oleh manajemen PDAM adalah menyiapkan SDM yang handal dalam mendukung program Si Tirkam MANTAP (melayani dengan Amanah, Nyaman, Tuntas dan Profesional) tambah Deni Erlanda.
Pada kesempatan hari jadi ke 30, Deni juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu memperlancar dan mendukung pengelolaan PDAM terutama seluruh pegawai PDAM yang telah berupaya untuk mencapai kinerja terbaik, khususnya dalam pencapaian LABA diakhir tahun 2017 sebesar Rp. 3 Milyar. Hal lain yang juga membanggakan insya alloh laporan keuangan tahun 2017 akan meraih predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Oleh karena itu apabila predikat ini tercapai selaku pimpinan PDAM Deni juga mengajak untuk tetap terus berjuang bersama mempertahankan serta meningkatkan kinerja perusahaan.
Jaya selalu PDAMku-ningan semoga bisa menjadi perusahaan BUMD andalan di Kabupaten Kuningan dengan memberikan pelayanan prima menuju PDAM Mandiri.

Berbagi Berita