Cara Instal Windows Dengan Flashdisk

Untuk melakukan Cara Instal Windows Dengan Flashdisk kamu bisa mengikuti cara yang akan kami berikan pada artikel kali ini.

Instal ulang adalah salah satu solusi untuk memperbarui komputer kita yang perlahan mulai tidak normal, dan untuk cara instalasi tidak semua bisa melakukannya.

Namun pada kali ini Kita dapat menginstal ulang tanpa CD dan kita hanya perlu menyalin instalasi Windows dari laptop kita ke laptop kita.

Tapi kita tidak bisa mengabaikannya. Kami membutuhkan program yang disebut Rufus. Memahami di sini menyediakan fase dari awal hingga selesai dengan gambar untuk memudahkan pemahaman.

Cara Instal Windows Dengan Flashdisk

Cara Instal Windows Dengan Flashdisk

Di era ini, CD atau DVD sudah jarang digunakan di komputer. Apalagi jika kita menggunakan laptop berukuran kecil seperti tablet dan laptop, serta ultrabook.

Untuk menginstal Windows pada laptop yang tidak memiliki ruang CD, kita dapat menggunakan flash drive saja.

Tetapi bagi kebanyakan orang. Proses instalasi sulit. Namun sebenarnya proses menginstal Windows sangat mudah. Untuk menginstalnya, kita hanya perlu mengikuti perintah yang muncul. Baiklah, kami akan menggunakan flash disk untuk instalasi.

Sebelum melakukan instalasi dengan flash. Pertama, kita perlu mengatur flash kita agar dapat digunakan sebagai drive yang dapat di-boot.

Di sini kita akan menggunakan Rufus untuk mengatur flashdisk dan mengisinya dengan Windows.

Rufus adalah aplikasi yang diterbitkan oleh pengembang Pete Badard Rai Akeo Consulting. Kita dapat menggunakan Rufus secara gratis. Karena aplikasi ini memiliki versi lisensi GNU GPL 3

Lihat juga : Cara Format Flashdisk

Setting Bootable Flashdisk

Langkah pertama yang perlu kita lakukan sebelum menginstal adalah mengubah flash drive kita ke media Windows bootable yang akan kita gunakan.

Catatan : Gunakan flashdisk yang normal dan minimal berukuran 8 GB

Cara Menginstal Windows Menggunakan Rufus:

  1. Instal Rufus
    Pertama-tama anda harus download dan instal aplikasi Rufus jika anda belum mempunyainya.
  2. Koneksikan Flashdisk
    Setelah flashdisk terhubung maka Aplikasi rufus akan mendeteksi info dari flashdisk anda.
  3. Rubah File System
    Rubah file system flashdisk anda menjadiNTFS.Lalu centang dibagianQuick Format.
  4. Pilih fileISO Windows
    Kemudian anda pilih fileISO Windows yang akan anda buat sebagai instalasi yang berada pada komputer anda . Lalu centang pada bagianCreate bootable disk using.
  5. Proses Format
    Pada bagian ini kita akan memulai proses formating pada flasdisk dalam aplikasi rufus, akan ada notifikasi bahwa seluruh file yang terdapat pada flasdisk akan di hapus semua secara permanen. lalu anda klik OK.
  6. Selesai
    Disini anda Tunggu beberapa saat sampai proses format selesai.
    apabila proses tersebut sudah selesai maka dibagian menu status akan terdapat tulisanready.

Pada bagian inilah kita sudah berhasil merubah flashdisk kita menjadi media instalasi. bagian selanjutnya anda lakukan setting supaya kita bisa booting dari flashdisk.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Jadi demikian itulah cara membuat bootable atau instaler windows dengan menggunakan aplikasi rufus perhatikan baik-baik cara diatas agar tidak mendapat kesalahan pada saat proses pembuatan instaler windows pada flasdisk anda . Semoga bermanfaat Terimakasih.