Cara Mengatasi Launcher yang Berhenti

Cara Mengatasi Launcher yang Berhenti pada HP Android – Launcher adalah aplikasi yang memudahkan pengguna Android karena dengan peluncur pengguna dapat mengubah tampilan ponsel, menambah pintasan, dan hal-hal lainnya.

Peluncur memainkan peran yang sangat penting untuk ponsel Android, karena tanpa peluncur, ponsel android tidak dapat digunakan.

Dengan peluncur yang terinstal di aplikasi android akan muncul di semua ponsel dan untuk membukanya cukup ketuk pada menu peluncur, aplikasi akan secara otomatis terbuka segera.

Berikut ini merupakan cara mengatasi launcher yang berhenti pada android yang harus anda ketahui.

Cara Mengatasi Launcher yang Berhenti pada Android

Cara Mengatasi Launcher yang Berhenti

Namun peluncur juga bisa mengalami masalah yang tiba-tiba berhenti atau berhenti tiba-tiba juga bisa mengalami “force close” atau sering disebut berhenti tiba-tiba.

Ini sangat menyebalkan bagi pengguna ponsel android tentunya tetapi dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana untuk mengatasi peluncur telah berhenti telah berhenti.

Lihat juga: Cara Menghilangkan Iklan di Android

1. Nyalakan Kembali Ponsel Anda

Ketika ponsel Android dihidupkan ulang aplikasi yang berjalan akan secara otomatis dihentikan, sehingga ketika ponsel dihidupkan lagi akan dalam keadaan segar atau seperti ketika aplikasi awalnya dibuka.

Metode ini adalah cara untuk melakukannya, karena itu tidak akan menyebabkan telepon Anda mengalami kesalahan atau mengalami masalah lagi.

2. Jangan Instal Banyak Aplikasi

Setiap ponsel memiliki kapasitas berbeda tergantung pada spesifikasi masing-masing.

Jika Anda menginstal terlalu banyak aplikasi atau diklasifikasikan sebagai orang yang suka mengumpulkan aplikasi sebelum melakukan kegiatan ini.

Harap pahami terlebih dahulu spesifikasi ponsel Anda sendiri sehingga ponsel tidak mengalami kelebihan kapasitas.

Apakah ini sangat berpengaruh? tentu saja ya, coba bayangkan jika ponsel memiliki kelebihan kapasitas tentu saja kinerja launcher menjadi lambat.

Juga akan mengalami masalah bisa macet atau tiba-tiba berhenti “paksa tutup” oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda suka mengumpulkan aplikasi.

Tetapi akan lebih baik sebelum melakukan kegiatan ini terlebih dahulu pahami spesifikasi ponsel Anda terlebih dahulu.

3. Bersihkan Cache Data dan Aplikasi

Jika Anda menghapus data aplikasi, pengaturan dalam aplikasi akan kembali normal. Namun dengan cara ini Anda bisa mengatasi peluncur yang menutup paksa atau tiba-tiba berhenti.

Tentu saja bukan masalah kan? lebih baik kembali normal dan dapat diproses lagi daripada harus menghadapi peluncur macet atau yang lainnya.

Metode ini sebagai berikut ini kami jelaskan metode menggunakan Samsung.

  • Buka Pengaturan
  • Kemudian pilih dan klik Manajer Aplikasi
  • Jika Anda harus memilih dan mengklik tab Semua, mengapa Anda harus memilih tab? Karena peluncur ponsel Android default tidak ditampilkan pada tab Unduh
  • Setelah itu, silakan cari nama peluncur yang bermasalah, misalnya dengan nama peluncur Samsung TouchWiz atau peluncur pihak ketiga, Nova Launcher.
  • Kemudian setelah langkah-langkah di atas dilakukan pilih dan klik Bersihkan cache lalu Hapus data.

4. Mengganti dengan Peluncur Pihak Ketiga

Mengubah peluncur adalah salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi peluncur ponsel android yang tiba-tiba berhenti.

Jika sudah diganti tetapi tetap tidak ada perubahan maka silakan unduh saja peluncur di Google Playstore.

Ada banyak peluncur dengan banyak fitur dan bisa dibilang tidak membosankan tergantung selera Anda dan bagaimana Anda memilih peluncur yang pas di ponsel Anda.

Salah satu rekomendasi yang bagus menurut kami adalah Nova Launcher karena banyak orang menyukai peluncur.

5. Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Background / Latar Belakang

Anda perlu tahu bahwa aplikasi yang berjalan di latar belakang mengkonsumsi banyak RAM.

Untuk mengatasinya silakan periksa dulu apakah memang banyak ya dan aplikasi tersebut dirasa tidak penting Anda dapat memaksa beberapa aplikasi untuk menghentikan RAM di ponsel Anda.

Karena RAM penuh juga dapat berdampak pada peluncur lambat dan tentu saja dapat mempengaruhi kinerja ponsel Anda oleh karena itu saran kami jika ada aplikasi yang kurang penting berjalan atau aktif tolong paksa untuk berhenti jika itu tidak penting.

Lihat juga: Cara Mempercepat Ponsel Android

6. Memindai dengan Antivirus Tepercaya

Virus atau malware adalah program yang dibuat dengan tujuan memang menghancurkan.

Virus itu sendiri dapat merusak peluncur sehingga seperti yang kita lihat peluncur bisa memaksa menutup, membekukan, gancet, atau bahkan kesalahan.

Untuk mengatasinya, silakan pindai menggunakan antivirus sesuai selera Anda dan yang menurut Anda terbaik, juga dipercaya untuk rekomendasi yang kami sarankan menggunakan Malwarebytes Anti-Malware antivirus.

Karena antivirus ini digolongkan sebagai antivirus yang memiliki kinerja baik dan juga dipercaya.

7. Reset Pabrik

Metode ini adalah cara yang cukup berisiko, karena itu akan membuat ponsel Anda kembali ke pengaturan pabrik atau sering disebut sebagai riset pabrik, jika Anda melakukan cara ini ponsel Anda akan sebagus yang baru keluar dari pabrik.

Semua data dalam memori internal akan dihapus serta aplikasi yang diinstal.

Jika Anda ingin menggunakan metode ini, harap backup terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan agar data penting tidak hilang. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Pengaturan
  • Pilih dan klik Cadangkan dan reset
  • Setelah itu pilih dan klik Reset data pabrik
  • Kemudian tunggu beberapa menit hingga proses selesai. Untuk reset pabrik dapat dilakukan dengan 2 cara, cara pertama bisa melalui Pengaturan seperti dijelaskan di atas dan cara kedua melalui mode pemulihan.
Cara Flash Lenovo A6000 tanpa Komputer

8. Perbarui / Pembaruan Firmware

Pembaruan firmware dapat digunakan untuk mengurangi bug ROM dan tidak hanya itu ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi peluncur tutup paksa.

Karenanya untuk mengatasti peluncur yang tiba-tiba berhenti dengan cara ini bisa dilakukan dan juga bisa dicoba.

Biasanya ketika memperbarui / memperbarui secara otomatis akan membuat perbaikan sistem, aplikasi yang ada di dalamnya juga akan menjadi aplikasi terbaru.

Silakan, Anda dapat mencoba metode ini, Anda dapat mencoba melalui ponsel Anda secara langsung atau melalui alat di PC Anda.

Lihat juga: Cara Membuat Akun Mi

Penutup

Demikianlah artikel kami tentang Cara Mengatasi Launcher yang Berhenti pada HP Android, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi launcher yang berhenti pada ponsel anda.

Terima kasih telah membaca artikel kami dan sampai berjumpa di artikel kami selanjutnya.