Cara Print Bolak Balik di Word

Cara Print Bolak Balik di Microsoft Word – Salah satu cara efektif untuk menghemat kertas adalah dengan mencetak di kedua sisi. Anda dapat melakukan ini dengan mencetak di kedua sisi kertas. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi limbah kertas, terutama jika Anda harus mencetak puluhan atau ratusan halaman.

Namun, Anda juga memerlukan printer yang mendukung pencetakan bolak-balik dari dokumen Word dan Excel. Beberapa printer yang dianggap dapat beroperasi adalah Epson, HP, Canon, samsung, dan lainnya.

Cara Print Bolak Balik di Word

Cara Mengetahui Fungsi Printer

Sebelum Anda tahu cara mencetak di kedua sisi, ada baiknya mengetahui kemampuan printer untuk mencetak dupleks. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan meliputi:

Lihat juga : Menghilangkan Virus Shortcut

Buku Manual

Buku Manual printer menyediakan informasi tentang kapabilitas printer. Periksa manual apakah printer mampu mencetak di kedua sisi.

Microsoft Word

Untuk penjelasan singkat, Anda juga dapat memeriksa langsung dengan Microsoft Word. Caranya, tekan Print dan cari kotak yang menampilkan duplex, seperti duplex, duplex, atau duplex. Selalu pastikan untuk memeriksa pengaturan atau preferensi di menu Print sebelum mencetak.

Internet

Jika metode di atas tidak dapat membantu, silakan temukan informasi tentang printer Anda secara online. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs web resmi produsen pintar atau menulis kata kunci serial printer Anda di Google.

Cara Print Bolak Balik Otomatis

Print Bolak Balik otomatis

Jika printer Anda sudah melakukan pencetakan dua sisi, Anda dapat segera mencetak dokumen. Beberapa jenis printer bahkan menyediakan fitur pengaturan otomatis yang dapat mencetak dokumen dupleks tanpa mengaturnya secara manual.

Untuk mengaktifkan fitur ini, periksa menu Double-Sided Printing yang dapat Anda temukan di bagian bawah pengaturan printer. Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot mengatur untuk mencetak dokumen yang panjang.

Namun, jika printer tidak menyediakan fitur otomatis, Anda harus menyesuaikannya secara manual. Caranya, ubah pengaturan default ke duplex printing .

Cara Print Bolak Balik Manual

Print Bolak Balik Manual

Lihat juga : Cara Format Flashdisk

Jika printer Anda tidak mendukung pencetakan dupleks, Anda masih dapat mencetak pada kedua sisi dokumen secara manual. Saat Anda mencetak dupleks secara manual, Microsoft Word akan mencetak pada kedua sisi selembar kertas secara bergantian. Langkah-langkah:

Mencetak pada kedua sisi Microsoft Word

  1. Masukkan dialog cetak

    Masukkan dialog cetak di bawah aplikasi printer.

  2. Pilih Yes

    Selanjutnya, dalam menu “Cetak di kedua sisi”, pilih “Ya Balik”.

  3. pilih “Dupleks Manual,”

    Gulir ke bawah dan pilih “Dupleks Manual,” lalu simpan pengaturan Anda.

  4. Kembali ke dokumen

    Kembali ke dokumen di Word. Mencetak dokumen dan kata-kata akan memandu Anda memuat halaman untuk dicetak di sisi kertas berikutnya.

Selain metode di atas, ada juga cara lain untuk mencetak dokumen secara manual. Selanjutnya, metode di bawah ini lebih efektif dalam tesis, jurnal, makalah, dll. Karena halaman tambahan di bawah atau di atas. Berikut cara mencetak bolak-balik:

  • Buka dokumen di Word.
  • Klik Cetak pada menu.
  • Selanjutnya, pilih opsi atau Cetak Individual Numbered Pages menggunakan kata yang sama.
  • Kemudian cetak halaman dengan mengklik OK.
  • Kemudian masukkan kertas ke dalam printer.
  • Kembali ke dokumen Word. Pilih Print Numbered Pages untuk acara tersebut dan klik OK untuk mencetak halaman di sisi lain kertas.

Perlu di perhatikan :

Kalau kalian ingin print bolak balik secara manual Anda harus mengetahui fungsi pengumpan kertas. Coba muatkan beberapa kertas terlebih dahulu untuk memeriksa umpan printer sebelum mencetak masing-masing halaman.

Untuk pemula, metode di atas mungkin sedikit rumit ketika dipraktikkan. Berbeda dengan pengawal mesin fotokopi (pengusaha yang mencetak), mereka tentu saja sudah mahir dan terbiasa menggunakan salah satu metode di atas.

Selain itu, metode pencetakan dua sisi seperti yang disebutkan di atas dapat memiliki efek positif pada alam karena dapat membatasi penggunaan kertas. Hemat kertas = peduli dengan masa depan.

Lihat juga : Cara Instal Windows 10

Jadi itulah cara mencetak dengan printer secara bolak-balik , mudah bukan ,sekarang anda dapat melakukannya tanpa harus bingung lagi, semoga bermanfaat Terimakasih.

FAQ

Apa itu printer ?

Printer adalah mesin pencetak yang digunakan oleh banyak orang untuk mencetak hasil tulisan ,dan juga sebagai alat pembatu pekerjaan.

Bagai mana cara mencetak tulisan dengan Printer ?

Cukup mudah , jika anda menggunakan word, anda cukup tekan Ctrl + P , nanti akan muncul tampilan lalu klik print.

Apakah gampang menggunakan printer ?

sangat mudah , hanya saja perlu sedikit keterbiasaan.